Selasa, 10 Juni 2014

Jenis Kabel UTP yang Baik

Kabel UTP Yang Baik

Apakah yang Di Maksud dengan Kabel UTP..?
Kabel UTO(Unshielded twisted-pair) adalah kabel jaringan yang menghubungkan computer dengan Swicth atau HUB. di Indonesia biasanya yang dimaksud kabel UTP adlah kabel Category5e (Cat5e).

Apakah Ciri-Ciri Cable UTP Cat5e..?
Kabel UTP Category 5 (Cat5e) adlah kabel yang di desain untuk menjalankan komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100Mbps. kabel ini menggunakan konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi dan juga memiliki kode warna
Gambar 1.1 UTP Cat5e
Kabel UTP Cat5e yang baik itu seperti apa..?
Sesuai standart Internasional EIA*(Electronic Industries Alliance) dan TIA**( Telecommunication Indusry Association) kabel UTP Cat5e yang Baik adlah kabel yang bisa menerima koneksi sampai dengan jarak 100 Meter. (95 Meter kabel utama di tambah 2,5 Meter patch cord kiri dan 2,5 Meter pacth cord kanan).

Berapa Harga Kabel UTP Cat5e dipasaran..?
Harga kabel UTP Cat5e dipasaran  ini beragam, kabel buatan USA yang bisa koneksi 100 Meter, kisaranya U$$ 90 atau kalau di rupiahkan menjadi Rp 996,000,00. kabel Buatan China Kisaran U$$ 35 (Rp 387,000,00). Biasanya kabel murah ini hanya bisa koneksi antara 18m s/d 30m. BlueLink Menjamin Koneksi 100Meter.

Bagaimanakah cara pemasangan kabel dengan konektor.?
Untuk pemasangan Kabel UTP ada dua tipe yaitu :
  1. tipe straight masing-masing kabel yang julahnya 8 itu berkorespondensi (mengandakan ) 1-1, langsung (Biasanya digunakan untuk koneksi dari client ke Hub)
  2. Tipe Cross ada persilangan pada susunan kabelnya. (Biasanya digunakan untuk konkesi dari Client to client/cpu to cpu atu hub to hub)
Gamabar 1.2 Susunan Kabel


Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi Kwalitas Kabel

  1. Kualitas Kabel  : Dipengaruhi oleh impendansi, semakin besar impendansi maka faktor lost data akan semakin besar.
  2. Kualitas Konektor : Secara umum konektor yang digunkan adalah RJ45, konektor yang kurang baik plat pinya tipis hingga saat kontak dengan kabel menjadi tidak solid/pakem.
  3. Crimping Tools : adalah alat untuk memasangan konektor ke kabel , krimping yang kurang baik sering membuat plat bengkok saat di gunakan dan terkadang tidak bisa terhubung ke inti kabel tersebut. ini menyebabkan tidak maksimal. 
Gambar 1.3 Cabel Cat5e
Gambar 1.4 Crimping Tools
Gambar 1.5 Connector RJ45












Tidak ada komentar:

Posting Komentar